Rabu, 30 November 2016

10 Fakta Pengguna Instagram di Indonesia



Instagram telah menggeser Twitter sebagai jejaring sosial yang paling atraktif di Indonesia. Secara global pun pengguna Instagram sudah lebih tinggi di banding Twitter. 

Yakni sudah lebih dari 400 juta pengguna per bulannya secara global, di banding Twitter yang hanya 307 juta. Dari 100 juta pengguna yang terakhir bergabung di Instagram, lebih dari setengahnya tinggal di Asia dan Eropa. Negaranegara yang berkontribusi pada jumlah pengguna Instagram terbanyak adalah Indonesia, Jepang, dan Brasil. 

Platform ini menjadi sarana efektif untuk menyebarkan konten kreatif hingga berjualan. Digunakan oleh selebriti, penjual online, hingga brand. Tapi, bagaimana sebenarnya pengguna Instagram di Indonesia? Siapa saja yang memakai layanan ini? Nah, berikut adalah 10 fakta tentang pengguna Instagram di Indonesia. 

1.Mayoritas Anak Muda 

89% dari Instagrammers di Indonesia berusia 18-34 tahun. Mereka adalah anak muda pengguna mobile-firstdengan kemampuan finansial yang baik (mapan), serta memiliki gelar sarjana (terdidik). Mereka mengaku memiliki pendapatan rumah tangga 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan pengguna smartphonedi Indonesia pada umumnya. 

2.Berlipat Ganda 

Di Indonesia, pengguna aktif Instagram per bulannya menjadi dua kali lebih besar dari tahun ke tahun (per Maret 2015). Artinya, jejaring sosial ini masih belum mencapai ”titik kebosanan” karena memang masih banyak hal yang bisa di eksplorasi. 

3.Dominasi Kaum Hawa 

Populasi Instagram di Indonesia ternyata di dominasi oleh wanita (63%). Bisa jadi salah satunya di cermati dari banyaknya online shopyang memasarkan produk kaum hawa. 

4.Filter dan Search 

88% Instagrammers menggunakan filter untuk mengedit foto sebelum di unggah. Sementara 97% menggunakan fitur searchuntuk mencari informasi yang lebih spesifik. Masyarakat Indonesia menggunakan Instagram untuk mencari inspirasi, berbagi pengalaman traveling, serta mencari informasi dan tren terbaru. 

5.Aktif Berkomentar dan Berbagi 

97% pengguna Instagram menuliskan komen pada postingan dan menandai teman-teman mereka yang mendorong proses pencarian di Instagram. Sementara 85% Instagrammers di Indonesia juga mem-posting di media sosial lainnya. 

6.Fashion dan Teknologi Paling Populer 

•Fashion dan teknologi adalah merek paling populer di antara para pengguna Instagram di Indonesia. 

7. Follow dan Membeli 

49% pengguna membeli produk dari brand yang mereka follow. Ini menjelaskan mengapa Instagram menjadi platform penting bagi UKM untuk berjualan. Menurut penelitian Nielsen pada 475 kampanye, ad recall pada postingan berbayar di Instagram 2,8 kali lebih tinggi dibandingkan dengan Nielsen untuk iklan online. Selain itu, 97% dari kampanye di Instagram telah menghasilkan kenaikan yang signifikan pada ad recall. 

8.Mencari Inspirasi 

66% menggunakan Instagram untuk mencari inspirasi dan setuju bahwa platform ini mengeluarkan sisi kreatif dalam diri mereka. 46% pengguna Indonesia menyukai postingan brand dengan tren terbaru sebagai sumber inspirasi dan 41% menyukai iklan video pendek dengan teks alih bahasa atau subtitle. 

9. Ketertarikan Tinggi 

55% pengguna mengetahui brand atau produk terbaru dari Instagram. Selain itu, setelah melihat aktivitas brand di Instagram, 43% responden mengunjungi situs brand dan 31% mulai mem-followakun brand tersebut. 56% responden tidak keberatan jika Instagram digunakan sebagai platform iklan selama masih kreatif dan berkualitas tinggi secara visual. 

10. 150 Foto Perbulan 

Secara rata-rata, pengguna Instagram membagikan 150 foto dalam sebulan, dengan lebih dari 80 juta foto dan video dibagikan secara global setiap harinya, menghasilkan 3,5 miliar likes per hari.
http://koran-sindo.com/news.php?r=5&n=8&date=2016-01-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar